Juga Menerima Kelas Karyawan dan Transfer

Selasa, 01 Februari 2011

SEJARAH BERDIRINYA STIE DHARMA ISWARA MADIUN


Searah dengan rencana pengembangan kodya Madiun sebagai pusat perdagangan pendidikan dan industri di Jawa Timur bagaian barat. Berangkat dari pemikiran tersebut di atas, maka pengurus Daerah Tingkat II PGRI Kodya Madiun sejak 1975 sampai dengan sekarang menyelenggarakan pendidikan tinggi IKIP PGRI MADIUN. Di dalam perkembangan selanjutnya kemandirian dan status terdaftar IKIP PGRI MADIUN ini dikuatkan lagi dengan Surat Keputusan Mendikbud No.0395/0/1986 ,Tanggal 25-Mei-1986. Sampai tahun Akademik 1989/1990 Fakultas, Jurusan, Program Studi terdiri dari 5 Fakultas dan 13 Jurusan dan 2 Program Studi.

Sesuai dengan Keputusan Mendikbud RI No. 0686/U/1991 Tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi .Pada Bab I Ketentuan Umum, Pada pasal 1 ayat 1 disebutkan bahwa, Perguruan Tinggi adalah Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut, Universitas. Sedangkan pada pasal 1 ayat 5 diterangkan kemungkinan perubahan bentuk Perguruan Tinggi, yaitu disebutkan bahwa :
  • Perubahan bentuk dari satu perguruan Tinggi menjadi bentuk lain.
  • Penggabungan dari dua atau lebih bentuk perguruan Tinggi 
  • Pemecahan dari satu bentuk perguruan Tinggi menjadi beberapa bentuk perguruan tinggi lain.
Maka mulai tahun akademis 1995/1996 diusulkan adanya pengembangan dengan menambah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharma Iswara Madiun (STIE DIM). dimana terdiri dari 2 (dua) Jurusan: Akuntansi dan Manajemen .Usulan ini berdasarkan hasil keputusan rapat Yayasan Pembina Lembaga Perguruan Tinggi (YPLP PT) PGRI Madiun,dan studi kelayakan akan potensi dasar PGRI di wilayah Madiun dan sekitarnya.

Secara administratif intern STIE Dharma Iswara Madiun berada di bawah naungan dan mendapat pembinaan teknis langsung dari YPLP PT PGRI Madiun sekarang berubah nama menjadi Perkumpulan Pembina Lembaga Perguruan Tinggi (PPLP PT) PGRI Madiun. Sedangakan secara teknis operasional penyelenggaraan pendidikan perguruan Tinggi Swasta, keberadaan STIE Dharma Iswara mendapatkan pembinaan dan pengawasan dari Kopertis Wilayah VII jawa Timur yang berkedudukan di Surabaya. 

Pendidikan yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dharma Iswara Madiun berdasarkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, dan Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar manjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demoktratis serta bertanggung jawab (Undang-undang No. 20 Tahun 2003)

Program Studi (PS) Manajemen secara yuridis formal mendapat ijin operasional dari Dirjen Dikti pada tanggal 27 Maret 2009 dengan SK Dikti No: 1621/D/T/K-VII/2009. Program studi berusaha secara terus menerus meningkatkan kinerjanya sebagaimana yang ditetapkan dan distandarisasikan oleh Dirjendikti dan BAN-PT seperti penyesuaian jalur, perpanjangan ijin penyelengaraan, status, dan akreditasi. Sedangkan Program Studi (PS) Akuntansi secara yuridis formal mendapat ijin operasional dari Dirjen Dikti pada tanggal 27 Maret 2009 dengan SK Dikti No: 1622/D/T/K-VII/2009.

Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi, diselenggarakan dengan dasar pertimbangan, bahwa pada saat itu kebutuhan akan tenaga profesional manajer dan tenaga profesional akuntansi sangat tinggi tetapi adanya beberapa kelemahan dan ancaman yang berkembang sekarang ini mengakibatkan jumlah pelamar sedikit tapi hal itu tidak menyurutkan semangat pihak lembaga untuk tetap mengedepankan kualitas output.


No
Program Studi
Jenjang
Status
1
Manajemen
S-1
Terakreditasi
2
Akuntansi
S-1
Terakreditasi





0 komentar:

Posting Komentar

.

.
SELAMA 4 TAHUN BERTURUT-TURUT KAMPUS KITA BERPRESTASI DALAM "PKM" TINGKAT NASIONAL

MAHASISWA :

DOSEN :

 
Design by M.A.S